Tingkatkan Kapabilitas Media Online, Diskominfo Samarinda Helat Bimtek

TINGKATKAN KAPABILITAS: Dr Aji Syarif Hidayatullah M.Psi beri sambutan saat pembukaan Bimtek. (foto: istimewa)
TINGKATKAN KAPABILITAS: Dr Aji Syarif Hidayatullah M.Psi beri sambutan saat pembukaan Bimtek. (foto: istimewa)

SAMARINDA – Peningkatan kualitas penulisan, pengambilan gambar dan video, dan hal lainnya terkait kapabilitas media online digalakkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda. Terkait itu, dinas tersebut melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Berita, Pengambilan Gambar dan Video di Hotel Puri Senyiur, Samarinda, pada Senin (6/10/2023) dilanjutkan Selasa (7/11/2023).

Kepala Diskominfo Kota Samarinda, Dr Aji Syarif Hidayatullah M.Psi turut hadir memberikan sambutan dan membuka acara tersebut. Ia menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kapabilitas dalam dunia jurnalistik, terutama dalam menulis dan menyampaikan berita serta informasi yang akurat di berbagai media online dan media sosial.

“Di era digital saat ini, kita dituntut agar lebih proaktif dalam mempublikasikan kegiatan, termasuk kegiatan pemerintahan. Harapannya agar semua pesan program pembangunan dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat luas,” terangnya.

Menurutnya, jurnalis adalah orang-orang pilihan dan memiliki peran penting, karena dapat melihat suatu situasi dan mengubah situasi tersebut agar dapat diketahui masyarakat dalam bentuk berita.

“Sejatinya pembangunan dapat berjalan dengan baik apabila mendapat respons yang baik dan dukungan dari masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan kapabilitas dalam mengelola berita pemerintahan, sehingga komunikasi publik dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Untuk diketahui, peserta kegiatan Bimtek II ini adalah admin pengelola media dari kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Narasumber yang hadir antara lain Triono Wahyu Sudibyo (Manajer Regional Detik.com Jakarta) dan Endro S Efendi (Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kaltim). Kemudian di hari kedua dilanjutkan dengan materi pengambilan gambar dan video serta teknik editing dengan pemateri Jasmin Jaffar (Kepala Kompas TV Biro Kaltimtara) dan Sandi Arizona dari LKBN Antara Jakarta. (adv/nk/diskominfo samarinda)

POPULER
Search