KIM Samarinda Bertandang ke Surabaya untuk Tukar Pikiran

TIMBA ILMU: Perwakilan KIM Samarinda berkesempatan belajar dengan kelompok lainnya se-Indonesia dalam kegiatan ini.
TIMBA ILMU: Perwakilan KIM Samarinda berkesempatan belajar dengan kelompok lainnya se-Indonesia dalam kegiatan ini.

SURABAYA – Kepala Dinas Kominfo Kota Samarinda Dr Aji Syarif Hidayatullah berkeinginan menghidupkan KIM kota Samarinda. Untuk itu, pihaknya sengaja mengirimkan beberapa komunitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Samarinda ke Surabaya guna belajar

“Saat ini adalah saat paling tepat untuk menghidupkan kembali KIM Samarinda, karena momennya sebentar lagi akan dilakukannya pemilu dan pilpres, tentu saja peranan mereka dibutuhkan, untuk menjaga kondusifnya kota,” jelas Dayat, sapaan karibnya.

Dayat menuturkan bahwa aneka informasi penting dari mereka (kelompok-kelompok masyarakat) ini perlu untuk segera disikapi supaya bisa menjadi bahan masukan yang berguna bagi pemerintah kota.

“Itulah sebabnya saya bentuk KIM di Samarinda mulai dari Kota hingga ke tingkat Rukun Tetangga,” imbuh Dayat lagi. Hal ini agar semakin mudah pemerintah memberikan informasi ke masyarakat, juga sebaliknya masyarakat menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah.

Untuk diketahui, Tim Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda menghadiri kegiatan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFest) dan Malam Anugerah Media Humas (AMH) 2023. Kegiatan ini berlangsung di Surabaya sejak Jum’at hingga Senin (27-30/10/2023) lalu.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Syamsul Anwar, S.Sos, Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Euis Eka April Yani, S.STP, Ketua Forum KIM Kota Samarinda Joko Iswanto, Sekretaris Forum KIM Fauzi Amin serta beberapa staf dan tim liputan Diskominfo kota Samarinda.

Kontingen kota Samarinda ini melakukan kunjungan dan menimba ilmu kepada beberapa kelompok Informasi Masyarakat yang turut hadir dalam forum KIM, karena kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dan berbagi ilmu serta pengalaman para komunitas KIM dari seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan ini juga menjadi ajang studi bagi para pranata humas Kominfo Samarinda sekaligus turut memeriahkan kegiatan forum kehumasan yang puncaknya adalah pada malam Anugerah Media Humas.

Sebagai bentuk apresiasi atas kerja nyata mitra strategis pemerintah dalam melakukan komunikasi publik terkait program dan kebijakan pemerintah di seluruh Indonesia, serta memelihara semangat kompetisi positif demi terciptanya ruang dan peluang bagi peningkatan kinerja humas pemerintah dalam melakukan komunikasi publik utamanya terkait perhelatan ASEAN Indonesia 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika c.q. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik menyelenggarakan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFest) dan Malam Anugerah Media Humas (AMH) 2023 ini.

Adapun rangkaian kegiatan KIMFest dan Malam AMH 2023 meliputi Kompetisi dan Stan Pameran KIM (UMKM/Pariwisata/Pertanian/Perkebunan) Perwakilan Provinsi di Indonesia, Stan Pelayanan Publik Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD, dan Pemerintah Daerah, Bazar UMKM, Coaching Clinic Platform kim.id, Pertunjukkan Rakyat, Awarding KIM, Forum Kehumasan “Ngopi, Kolaborasi dan Serap Aspirasi” (Kopilaborasi), Site Visit dan Malam AMH. (adv/nk/diskominfo samarinda)

POPULER
Search