Jokowi Setujui Desain Final Istana Kepresidenan di IKN

Desain final Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) yang telah mendapat persetujuan dari Presiden Jokowi. (foto: istimewa)

JAKARTA. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) setujui desain final Istana Kepresidenan di ibu kota baru atau di Ibu Kota Negara (IKN) Kaltim yang dirampungkan oleh desainer kenamaan Nyoman Nuarta.

“Desain istana IKN, yang telah final disambut dengan sukacita, dan telah disetujui Presiden. Gambar sewaktu saya mendapat undangan presentasi di Istana Merdeka tanggal 3 Januari, bersama Mensesneg, Menteri PUPR, dan Ibu Dirjen Cipta Karya. Terima kasih atas segala dukungannya untuk dapat meciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek konial,” ungkap Nyoman melalui instagram resminya @nyoman_nuarta.

Nyoman juga telah mengunggah penampakan desain final untuk Istana Kepresidenan di ibu kota baru. Di ujung area gedung, tampak ada bangunan berbentuk burung garuda yang membentangkan sayapnya. Dalam desainnya, memang terlihat banyak kawasan hijau di sekeliling istana.

Menurut Nyoman, Istana Presiden di ibu kota baru akan dikelilingi oleh hutan. Sebab kata dia, sejak awal Jokowi menginginkan lebih banyak area hijau di ibu kota baru.

“Presiden menghendaki supaya lebih banyak hutannya. Beliau inginnya istana itu harus dengan botanical garden. Itu yang harus ditonjolkan, bukan yang lain-lain,” ucapnya.

Setidaknya, akan ada delapan gedung di Istana Kepresidenan di ibu kota baru. Mulai dari gedung istana, kantor presiden, paviliun, gedung sekretariat presiden, gedung edukasi yang ada museumnya, gedung staf khusus presiden, gedung Paspampres, gedung utilitas, wisma negara, dan gedung pemadam kebakaran.

Adapun total luas kawasan Istana Kepresidenan di ibu kota baru kurang lebih 55 hektare (ha) yang sudah mencakup kawasan hijau. Kemudian ditambah lagi sekitar 50 ha untuk kawasan hutan di sekeliling istana. (mk)

POPULER
Search