DPRD Samarinda Dukung Rencana Pemkot ‘Sulap’ Kawasan Tepian Mahakam Jadi Ikon Samarinda

istimewa
Anggota Komisi IV DPRD Samarinda Joko Wiratno.

SAMARINDA. Kawasan Tepian Mahakam akan terus mengalami pembenahan. Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melakukan penataan ulang kawasan Tepian Mahakam mendapat dukungan penuh dari Legislatif di Basuki Rahmat.

Kawasan Tepian Mahakam itu akan disulap menjadi beberapa zona kawasan, diantaranya zona budaya, zona keluarga diantaranya untuk aktifitas seni dan budaya, zona perkantoran dan Kota Tua. Rencana pemerintah tersebut diakui sudah memiliki grand desain berbentuk master plan dan Detail Engineering Design (DED). Kawasan ini pun diyakini akan menjadi ikon Kota Samarinda dengan penataan yang dikelola secara baik.

“Tujuannya kan untuk menjadikan Tepian Mahakam menjadi salah satu ikon kota Samarinda. Tentunya harus menjadi kawasan yang tertata rapi dan baik, ekonomi akan tumbuh berkembang,” ujar Anggota Komisi IV DPRD Samarinda Joko Wiratno.

Menurut politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini, perencanaan tersebut sangat penting dilakukan untuk mengembangan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) tanpa menghilangkan peluang ekonomi bagi masyarakat. Olehkarenya agar segera menjadi perhatian Pemkot dan dapat segera di realisasikan pelaksanaannya.

Namun yamg terpenting menurut Wiratno, agar dalam pengelolaan kawasan Tepian itu dapat melibatkan atau merangkul para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Samarinda. Agar sinergi pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat bisa sejalan.

“Kita berharap upaya ini bisa untuk mengurangi pengangguran, dengan bermunculannya UMKM baru,” tuturnya.

Ia pun menyinggung komitmen pemerintah dibawah kendali Walikota Samarinda Andi Harun untuk menghadirkan 10.000 wirausahawan sebagai bagian program prioritas Walikota.

“Tentu kami mendukung segala kegiatan yang berpengaruh untuk masyarakat. Dan ini kan sesuai dengan program prioritas pak Wali Kota dalam menumbuhkan 10.000 wirausahawan di Kota Samarinda,” pungkasnya. (nk/adv/dprdsamarinda)

POPULER
  • Search