DPK Kaltim Dorong Minat Literasi Lewat Talkshow “Membaca dan Menulis Membuat Kita Sehat”

SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur (DPK Kaltim) mengambil langkah proaktif dalam meningkatkan minat baca dan literasi masyarakatnya dengan menyelenggarakan talkshow berjudul “Membaca dan Menulis Membuat Kita Sehat.” Acara ini digelar di Ruang Maratua, Kantor Bank Indonesia Kaltim pada Senin, 27 November 2023.

Taufik, Plh Kepala DPK Kaltim, menyoroti tantangan literasi di Kalimantan Timur, yang tercermin dalam rendahnya Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan tingkat gemar membaca (TGM) yang masih berada dalam kategori sedang.

“Tingkat gemar membaca diukur berdasarkan lamanya tingkat baca dan penggunaan internet untuk membaca,” jelas Taufik.

Dalam upaya mengatasi tantangan ini, DPK Kaltim telah mengambil inisiatif dengan meluncurkan Tour Library Kaltim sejak tahun 2022. Inisiatif ini dilanjutkan pada tahun 2023 dengan menyasar berbagai lokasi di Samarinda.

Setelah sukses dengan acara membaca dan mendongeng bersama 1000 anak di Gedung Serbaguna GOR Kadrie Oening, DPK Kaltim terus berkomitmen melanjutkan misi tersebut di Samarinda dengan menggelar talkshow.

Talkshow ini berhasil mengumpulkan sekitar 300 peserta, termasuk guru TK, SD, SMP, TP PKK, pegiat literasi, dan mahasiswa. Sejumlah narasumber berpengalaman di bidang literasi, seperti Rintas Tasya, Sudarman, Fery Curtis, Rusman Ya’qub, dan Syafruddin Pernyata, diundang untuk berbagi perspektif dan pengalaman mereka.

“Dengan menghadirkan berbagai perspektif dan pengalaman, diharapkan talkshow ini dapat memberikan wawasan baru dan memotivasi peserta untuk lebih aktif dalam membaca dan menulis,” tutup Taufik. (nk/adv/ dpk kaltim)

Search