Digitalisasi Kunci Pintu Sukses di Masa Depan

ADU KREATIVITAS: Kurniawan bersama para peserta lomba Gebyar TIK Tahun 2023. (foto: istimewa)
ADU KREATIVITAS: Kurniawan bersama para peserta lomba Gebyar TIK Tahun 2023. (foto: istimewa)

BALIKPAPAN – UPTD Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (tekkominfodikaltim) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltim kembali sukses menggelar Gebyar TIK tahun 2023. Gebyar TIK 2023 berlangsung 12-15 Oktober 2023 bertempat di Hotel Horison Sagita Balikpapan.

Mengangkat tema “Siapkan Talenta Siswa Melangkah Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Kegiatan ini telah dimulai dalam beberapa tahap mulai dari pendaftaran, pengumpulan karya, hingga seleksi karya yang telah dilaksanakan selama satu bulan terakhir.

Kepala Disdikbud Kaltim Muhammad Kurniawan hadir dalam acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang dalam kegiatan tahunan ini. Menurutnya, digitalisasi sekolah adalah kunci untuk membuka pintu menuju masa depan pendidikan yang lebih menarik dan inovatif, Kurniawan pun berpesan agar setiap pelajar memiliki jiwa kompetitif dan semangat dalam berkompetisi.

“Pada setiap perlombaan selalu ada yang berhasil menjadi juara maupun yang belum berhasil, namun yang menang jangan berbesar hati dan yang kalah jangan berkecil hati, anggaplah ini sebagai keberhasilan yang tertunda sehingga kegagalan menjadikan pemicu semangat belajar di masa yang akan datang,” ucap Kadisdikbud Kaltim.

Malam penutupan Gebyar TIK dihadiri rautsan peserta yang merupakan para pemenang dari berbagai jenis lomba mulai dari lomba animasi, desain poster, desain kemasan produk, dan e-Borneo Student League (e-Sport) dengan seluruh lomba di jenjang SMA/SMK/SLB se-Provinsi Kaltim. Kemudian, untuk penghargaan yang diserahkan diantaranya Penghargaan Kihajar STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) dan Lomba Sekolah Digital tahun 2023 tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, UPTD Tekkom dan Infodik selaku penyelenggara memberikan hadiah berupa sertifikat, medali, serta uang pembinaan untuk juara 1 sebesar 7.000.000 rupiah, juara 2 sebesar 5.000.000 rupiah, juara 3 sebesar 3.000.000 rupiah dan juara Harapan sebesar 2.000.000 rupiah.

Diharapkan sekolah-sekolah khususnya di Kaltim agar dapat terus mendidik, mengembangkan dan melahirkan siswa-siswi yang berpotensi sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. (adv/nk/diskominfo kaltim)

Search