Tour Library Kaltim 2023: Membangun Budaya Literasi Melalui Perjalanan yang Penuh Semangat

SAMARINDA – Dalam acara pelepasan yang berlangsung pada Senin, 27 November 23, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, Muhammad Syafranuddin, secara simbolis mengibarkan bendera, menandakan dimulainya Perjalanan Tour Library Kaltim 2023. Perjalanan ini akan menjelajahi berbagai daerah di Kalimantan Timur.

Muhammad Syafranuddin menjelaskan bahwa terdapat 10 mobil perpustakaan yang mewakili setiap Kota dan Kabupaten di Kaltim, dan satu bus menjadi armada yang meramaikan perjalanan tersebut.

“Sebanyak 150 orang jajaran dari DPK Kaltim, pegiat literasi, dan beberapa tokoh terlibat dalam perjalanan ini. Ini menjadi komitmen tinggi kami terhadap peningkatan minat baca dan literasi di wilayah Kaltim,” ujarnya.

Dia menegaskan kesiapan pihaknya untuk membawa semangat literasi ke seluruh penjuru Kaltim, dimulai dari Bontang sebagai destinasi kedua Tour Library Kaltim 2023.

Tour Library Kaltim 2023 akan menyasar lima tempat strategis, meliputi Samarinda, Bontang, Sangatta, Tanjung Redeb, dan berakhir di Maratua.

“Setiap destinasi akan menjadi panggung bagi berbagai kegiatan literasi, mulai dari talkshow, membaca bersama, hingga pameran buku,” terangnya.

Perjalanan ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana distribusi buku, tetapi juga sebagai upaya nyata untuk membangun budaya literasi yang kuat di masyarakat.

“Dengan melibatkan berbagai pihak dan mengajak masyarakat untuk turut serta aktif, kami dari DPK Kaltim berharap Tour ini menjadi tonggak positif dalam meningkatkan pemahaman dan minat baca di Kaltim,” pungkasnya. (nk/adv/dpk kaltim)

Search