Pj Gubernur Apresiasi Peran NU dalam Peringatan Hari Santri

Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad jadi puncak peringatan Hari Santri yang diselenggarakan oleh keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) Kaltim.
Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad jadi puncak peringatan Hari Santri yang diselenggarakan oleh keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) Kaltim. (foto: istimewa)

SAMARINDA – Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, menghadiri puncak peringatan Hari Santri yang diselenggarakan oleh keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) Kaltim. Acara ini juga merangkaikan perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad dan pembagian 500 paket sembako pada Kamis, 26 Oktober 2023, di Gedung PWNU lantai 3, Jalan Imam Bonjol, mulai pukul 20.00.

Usai acara, Akmal Malik menyampaikan apresiasi terhadap kerjasama antara pemerintah dan PWNU dalam mempersiapkan sumber daya manusia menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ia juga mengakui kontribusi berharga dari tokoh dan ulama NU Kaltim dalam perencanaan pembangunan di IKN.

“Sudah terjadi diskusi panjang mengenai pembangunan komunitas. Keluarga besar NU memberikan gagasan luar biasa, termasuk dalam proyek-proyek pembangunan di IKN,” ujar Akmal kepada awak media.

Akmal mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan berkelanjutan PWNU Kaltim dalam menjalankan roda pemerintahan. Ia berharap kerjasama antara NU dan pemerintah terus ditingkatkan. Selain itu, pemerintah juga akan memberikan bantuan perbaikan pada sekretariat PWNU yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol.

“Saya bersyukur bahwa keluarga NU terus memberikan dukungan untuk mencapai kemaslahatan umat. Kerjasama dengan NU harus tetap dioptimalkan,” tambahnya.

Akmal Malik juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan NU Kaltim yang senantiasa mempererat silaturahmi antarumat Islam dan memberikan bantuan kepada masyarakat dalam setiap kegiatan yang diadakan.

“Pemerintah senang melihat ukhuwah Islamiyah terus diperkuat melalui silaturahmi dan kegiatan keagamaan yang diadakan,” ujar Akmal.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PWNU Kaltim, H.M Fauzi Bahtar, menyampaikan bahwa peringatan Hari Santri tahun 2023 melibatkan serangkaian kegiatan, yang diakhiri dengan peringatan Maulid Nabi. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kaltim yang selalu memberikan dukungan dan fasilitasi acara yang diadakan oleh keluarga Nahdliyin.

“Kami ingin menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2023 dengan tema Jihad Santri Jayakan Negeri, PWNU Kalimantan Timur telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan wajib yang ditentukan oleh PBNU. Pelaksanaan beberapa rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional 2023 ini tidak terlepas dari bantuan dari Pj Gubernur Akmal Malik berupa tempat, fasilitas gedung, konsumsi, dan sebagainya,” tutur Fauzi. (adv/rz-her/diskominfo kaltim)

Search