Kegiatan Daur Ulang Sampah Mendidik Karakter Anak

Ilustrasi kegiatan daur ulang sampah di sekolah.
istimewa
Ilustrasi kegiatan daur ulang sampah di sekolah.

SAMARINDA. Komisi IV DPRD Samarinda sangat mendukung kebijakan Wali Kota Samarinda Andi Harun memasukkan kegiatan daur ulang sampah ke muatan lokal Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Samarinda.

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sri Puji Astuti memiliki alasan kenapa mendukung kebijakan Wali Kota Samarinda tersebut.

Sebab, kata dia, kebijakan kegiatan daur ulang sampah masuk muatan lokal SD dan SMP tersebut merupakan salah satu pendidikan pembinaan karakter, juga sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) soal 18 karakter yang mesti dimiliki anak sekolah.

“Kami sangat mendukung kebijakan Pemkot yang akan memasukkan kegiatan daur ulang sampah menjadi muatan lokal SD dan SMP di Samarinda. Itu sesuai dengan pendidikan pembinaan karakter,” kata Sri Puji Astuti, beberapa waktu lalu.

Dia berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait hingga Kecamatan dapat berperan aktif memberikan edukasi masalah sampah ke masyarakat dan sekolah di Samarinda.

“Kolaborasi dengan orang tua siswa di rumah sangat diperlukan. Kenapa? Karena pondasi pendidikan karakter sebagian ada di rumah. Dan, selebihnya di sekolah,” kata dia. (nk/adv/dprdsamarinda)

POPULER