Kaltim Bersiap Dukung IKN, Agus Aras Tekankan Pentingnya Persiapan Strategis

Anggota DPRD Kaltim, Agus Aras.
Anggota DPRD Kaltim, Agus Aras. (foto: istimewa)

SAMARINDA – Peran strategis Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim meluas ke seluruh kabupaten/kota, menggerakkan 10 daerah di Benua Etam. Anggota DPRD Kaltim Dapil Berau-Bontang-Kutai Timur (Kutim), Agus Aras, mendorong 3 dapil ini untuk proaktif mendukung kehadiran IKN. Pesan ini disampaikan kepada SSCN setelah menghadiri Rapat Paripurna ke-38 di Kantor DPRD Kaltim, Senin 16 Oktober 2023.

Agus menekankan pentingnya persiapan di masing-masing daerah. Bagi Kutim, ia menyoroti perlunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan memperkuat ketahanan pangan.

“Dengan pertumbuhan di kawasan IKN, pasokan sandang dan pangan akan menjadi sangat krusial. Kutim harus mampu mengembangkan sektor pertanian yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan di IKN,” ujar Agus.

Di Berau, Agus menekankan perlunya Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang untuk fokus pada pengembangan sektor industri. Sejak awal, Kota Bontang telah dirancang untuk menjadi pusat industri.

Sementara di Kabupaten Berau, Agus melihat potensi besar dalam sektor pertanian dan perkebunan, sebagaimana kegiatan budidaya palawija.

“Dengan demikian, saya berharap Bontang-Berau-Kutim dapat mempersiapkan diri sejak dini untuk mendukung keberadaan IKN,” pungkasnya. (nk/adv/dprd kaltim)

POPULER