Faisal Harap Golongan Sudah Tinggi, Harus Terus Belajar

TERUS BELAJAR: Sebanyak 50 peserta mengikuti workshop Pranata Hubungan Masyarakat di Balikpapan. (foto: istimewa)
TERUS BELAJAR: Sebanyak 50 peserta mengikuti workshop Pranata Hubungan Masyarakat di Balikpapan. (foto: istimewa)

BALIKPAPAN – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Workshop Pranata Hubungan Masyarakat Se Kalimantan Timur Tahun 2023, dilaksanakan di Grand Jatra Hotel. Senin (16/10). Kegiatan yang diikuti oleh Pranata Humas Diskominfo Kabupaten/Kota se-Kaltim dan juga menghadirkan narasumber yang berkompeten.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim Muhammad Faisal mengatakan berkenaan dengan ditetapkannya Peraturan Badan Kepegawaian Negara No.3 Tahun 2023 tentang Angka Kredit Kenaikan Pangkat dan Jenjang Jabatan Fungsional. Setelah adanya kebijakan penyetaraan dari jabatan struktural ke fungsional, banyak peraturan telah dicabut, oleh karena itu diperlukan update terkini untuk memahami peraturan tersebut.

“Ini merupakan tantangan bagi pranata humas dan PR bagi kami dalam penyetaraan dari berbagai latar pendidikan,” ungkap Faisal.

Hal yang penting sebutnya, bukan hanya menyetarakan kepangkatan, tapi menyetarakan ilmu pengetahuan yang lebih mendalam. Faisal berharap pranata humas yang dalam penyetaraan terus belajar, bukan berarti golongan sudah tinggi lantas malas belajar.

“Suka tidak suka dengan namanya pranata humas harus memiliki pengetahuan tentang kehumasan,” tuturnya

Sementara Kabid IKP dan Kehumasan Irene Yuriantini menuturkan selain untuk meningkatkan kompetensi Pranata Humas se-Kalimantan Timur, tujuan kegiatan ini adalah menyamakan persepsi mengenai mekanisme penyesuaian angka kredit konvensional yang dikonversikan ke dalam angka kredit integerasi, dan penetapan angka kredit (PAK) integrasi dalam penilaian kinerja Jabatan Fungsional Pranata Humas melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pranata Humas yang Profesional dan Inovatif (SIMPHONI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Irene juga merincikan jumlah pranata humas di Kaltim saat ini sebanyak 106 orang. Dia berharap melalui penyelenggaraan workshop ini dapat menjadi momentum yang sangat baik selain untuk menyatukan langkah dan meningkatkan kerjasama, serta dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan Pranata Humas se-Kalimantan Timur.

Kegiatan dihadiri 50 peserta dan melibatkan tiga narasumber dari Pranata Humas Ahli Madya, Ditjen Tata Kelola & Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi Dan Informatika, Badan Kepegawaian Daerah Kaltim dan UNMUL Samarinda. (adv/nk/diskominfo kaltim)

Search