Damayanti Soroti Kesiapan Pemuda Daerah Menyambut Peluang Kerja di IKN

istimewa
Damayanti, Ketua Fraksi Kebangkitan Pembangunan (PKB-PPP) DPRD Kota Samarinda.

SAMARINDA. Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), akan berdampak besar terhadap perubahan perekonomian dan serapan tenaga kerja khususnya masyarakat di Kalimantan Timur.

Dalam hal ini anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda Damayanti saat ditemui awak media nukaltim.id, Senin, 20 Juni 2022, memberikan tanggapan, peran pemuda Kaltim saat ini harus sangat ditingkatkan lagi, baik dari segi kualitas maupun softskill. Sehingga, khususnya pemuda kota Samarinda harus siap dalam menyambut pemindahan ibu kota negara.

Menurut Damayanti, pemuda kota Samarinda harus memiliki semangat dan motivasi yang tinggi dalam melakukan pengembangan diri. Agar dapat menunjukkan kualitas kepada masyarakat di luar daerah, terutama dalam hal pekerjaan. Sehingga pemuda asli daerah dapat bersaing dalam mengisi setiap lini sektor pemerintahan di ibu kota negara.

Dia menambahkan, ke depannya Kalimantan Timur akan ada lonjakan besar dari pendatang luar daerah, yang otomatis akan berfokus kepada pengembangan IKN, baik dalam menjalankan bisnis, penanaman modal, ketenagakerjaan, dan peluang mencari kerja.

“Sebagai generasi asli Kaltim, siapkah bersaing dengan masyarakat dari luar daerah, untuk mendapatkan kesempatan yang sama, peluang kerja yang sama di IKN,” ucapnya .

Ketua Fraksi Kebangkitan Pembangunan (PKB-PPP) DPRD Samarinda tersebut menekankan, pemuda lokal khususnya Samarinda jangan berpikir akan diprioritaskan sebagai tenaga kerja utama, melainkan juga harus menyiapkan diri dari segi kualitas dan kuantitas dalam segala bidang. Sehingga pemuda asli Kaltim mampu menunjukkan kepada masyarakat luar, bahwa masyarakat lokal juga mempunyai kualitas yang baik.

“Banyak pelatihan-pelatihan yang harus dilakukan pemerintah untuk dapat meningkatkan, kualitas pemuda Kaltim. Bahkan pemerintahan sudah menyiapkan Balai Latihan Kerja (BLK) dalam upaya meningkatkan kualitas, contohnya kemarin saja sudah dilakukan pelatihan teknik mesin oleh BLK,” ungkapnya.

Damayanti berharap, dengan adanya perpindahan IKN akan lebih meningkatkan kualitas pemuda asli daerah, dan ini berimbas kepada peningkatan perekonomian masyarakat Kaltim. Pemuda asli Kaltim juga harus dapat menunjukkan sinergi dan kekuatan dalam menjaga ruang lingkup wilayah ibu kota negara.

“Dengan IKN di Kaltim peluang untuk meningkatkan kualitas sangat baik, sebab itu adalah sebuah tantangan untuk pemuda lokal saat ini,” pungkasnya. (sur)

POPULER
  • Search