Bisnis Matching, Sarana Tingkatkan Nilai Transaksi

SOKONG USAHA: Forum ini beri kesempatan pelaku UMKM untuk memajang produk mereka. Diharapkan sinergi bisnis terjadi di antara mereka. (foto: istimewa)
SOKONG USAHA: Forum ini beri kesempatan pelaku UMKM untuk memajang produk mereka. Diharapkan sinergi bisnis terjadi di antara mereka. (foto: istimewa)

BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah (DPPKUKM) Kaltim mengikuti Bisnis Matching melalui E-Katalog. Kegiatan tersebut memberikan platform bagi pelaku usaha untuk menampilkan produk-produk UMKM dan UKM unggulan mereka yang siap untuk ditransaksikan. Kegiatan ini masih dalam rangkaian memperingati Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional serta kegiatan Indonesia Quality Expo (IQE) 2023

Pelaksanaan kegiatan Pameran Produk Unggulan Ber SNI dan Bisnis Matching ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 9 – 12 November 2023 bertempat di BSCC Dome Balikpapan.

Kepala DPPKUKM Kaltim Heni Purwaningsih menuturkan, kegiatan Bisnis Matching ini adalah guna meningkatkan nilai transaksi perdagangan produk unggulan antar daerah, mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan antar Provinsi dan sebagai bahan penyusunan program dan kebijakan.

Partisipasi aktif dari berbagai UMKM dan UKM menjadi kunci kesuksesan kegiatan ini. Dengan adanya E-Katalog, pelaku usaha dapat menampilkan produk-produk mereka secara digital akan memudahkan proses transaksi dan promosi.

“Bisnis Matching ini menjadi wadah yang efektif bagi para pelaku usaha untuk mempertemukan penjual dan pembeli secara online serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal,” ucap Heni saat menghadiri Bisnis Matching di BSCC Dome, Jumat (10/11).

Heni menambahkan, Pemerintah Provinsi Kaltim terus berkomitmen untuk mendukung UMKM dan UKM dalam menghadapi era digital. E-Katalog menjadi solusi efisien bagi pelaku usaha untuk bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Dengan demikian, Bisnis Matching E-Katalog tidak hanya menjadi sukses dalam meningkatkan transaksi UMKM dan UKM, tetapi juga sebagai langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan inovasi.

“Selamat melaksanakan Bisnis Matching bagi para pelaku usaha. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini akan semakin meningkatkan daya saing produk dalam mendukung pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.
(adv/nk/diskominfo kaltim)

Search