Andalkan Program Petani Milenial, DPTPH Kaltim Optimis Penuhi Kebutuhan Pangan IKN Baru

Ilustrasi pertanian. (foto: istimewa)

SAMARINDA. Kaltim sebagai wilayah yang ditunjuk jadi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) baru, terus bersiap. Salah satunya, dari sektor pangan. Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Siti Farisyah Yana mengaku optimis, dapat mencukupi kebutuhan pangan di kawasan IKN nantinya.

Kesiapan sektor pertanian dalam memenuhi kebutuhan pokok, dibuktikan dengan upaya transformasi dengan meningkatkan produksi produk lokal dan juga kualitas serta kuantitas SDM.

“Kami merasa optimis walaupun ini merupakan pekerjaan rumah yang cukup panjang untuk bisa mencapai pemenuhan kebutuhan pangan saat IKN ini benar-benar terwujud nantinya,” jelas Siti Farisyah Yana.

Sejumlah program, telah digulirkan untuk mewujudkan target-target yang telah ditetapkan. Diantaranya, seperti program Petani Milenial dan berbagai kampanye tentang pengelolaan pangan-pangan lokal kepada masyarakat serta berbagai program dalam penguatan cadangan pangan.

Harapannya kedepan berbagai kolaborasi dapat dilakukan agar sektor pertanian dapat mencapai target sehingga produk yang dihasilkan pun dapat memenuhi kebutuhan masyarakat kini dan masyarakat yang akan datang. (nk/adv/diskominfokaltim)

Search