Wujudkan Kaltim Berdaulat, BPSDM Kaltim Gelar Pelatihan Pengelolaan Dana Desa

Ilustrasi dana desa. (foto: istimewa)

BALIKPAPAN. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) selama tiga hari dimulai tanggal 17 hingga 19 Februari 2022 melaksanakan kegiatan Pelatihan Dana Desa bagi Perangkat Desa dan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Hotel Novotel Balikpapan.

Ketika membuka kegiatan tersebut, Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi menyatakan bahwa pelatihan yang dilakukan secara luring dalam rangka mendukung Visi Gubernur – Wakil Gubernur Kaltim yaitu Membangun Kaltim Berdaulat. Terutama misi pertama yaitu Berdaulat dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia dan Berdaya Saing. Terutama Perempuan, Pemuda dan Penyandang Disabilitas.

Selain itu, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta dalam menyusun APBDes serta prinsip pengelolaan BUMDes secara profesional.

Pada kesempatan tersebut Widyaiswara Ahli Utama Jauhar Efendi merasa senang sekali ketika memberikan pembelajaran mengenai Bagaimana Tata Kelola BUMDes Menuju Badan Usaha yang Profesional dan tentang Kepemimpinan Kepala Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
Menurutnya banyak pertanyaan dan diskusi yang cukup intens tentang modal kerja, masalah kerjasama dengan perusahaan, pengembangan usaha, sulitnya mencari pengelola BUMDes yang memiliki kemampuan.

“Saya senang sekali ketika membuka dialog banyak pertanyaan-pertanyaan yang unik, terutama bagaimana cara menjaga etika serta berbagai tips agar dicintai bawahan,” tegasnya. (nk/adv/diskominfokaltim)

Search