Warga Diajak Memahami Prinsip Dasar Bernegara

Siti Rizky Amalia saat melakukan kegiatan Soswasbang di Desa Sempayau Kec. Kaubun, Kutai Timur. (foto: istimewa)
Siti Rizky Amalia saat melakukan kegiatan Soswasbang di Desa Sempayau Kec. Kaubun, Kutai Timur. (foto: istimewa)

KUTAI TIMUR – Keutuhan bangsa agar diutamakan daripada kepentingan pribadi maupun golongan. Salah satu narasi mengemuka dalam sosialisasi wawasan kebangsaan (soswasbang) anggota DPRD Kaltim, Siti Rizky Amalia, Selasa 28 November 2023 di Desa Sempayau Kec. Kaubun, Kutai Timur.

Selain Amel-sapan akrab Siti Rizky Amalia, hadir juga narasumber dari TNI, Serda Siswondo. Amel sendiri banyak menjelaskan program soswasbang oleh DPRD Kaltim yang harus sampai kepada seluruh lapisan masyarakat. Menurut politisi perempuan PPP ini, kondisi solidaritas kebangsaan kita mulai memudar.

Sikap nasionalisme dari masing-masing individu mulai tergerus oleh perkembangan zaman. Oleh karena itu, salah satu upaya DPRD Kaltim hadir di tengah masyarakat secara langsung melalui soswasbang, setidaknya menyadarkan kepada masyarakat pentingnya menjaga kesatuan, persatuan dan kerjasama antar warga.

“Setidaknya masyarakat memiliki nasionalisme yang kuat. Tidak mudah tergoyahkan dari ajakan-ajakan penyimpangan dari kedaulatan negara di era demokrasi yang tumbuh secara baik di Indonesia,” ujar Amel.

Sementara itu, Serda TNI Siswondo mengingatkan masyarakat agar terus memperkuat semangat gotong royong. Saling menjaga dan menghindarkan diri dari budaya asing yang jauh dari nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. (nk)

Search