Walikota Andi Harun Rencana Naikkan TTP Guru dan Pegawai Berbasis Resiko Lainnya di 2023

diskominfo.samarindakota.go.id
Andi Harun

SAMARINDA. Walikota Samarinda, Andi Harun mengutarakan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan menaikkan Tambahan Perbaikan Penghasilan (TTP) Guru ASN maupun Non ASN, Perawat, juga pegawai pemerintah berbasis resiko, seperti petugas Kebersihan, Damkar, Dishub dan lainnya.

Rencana tersebut mengemuka dalam rapat Paripurna ke III DPRD Samarinda, Senin 21 November 2022 di Gedung DPRD Samarinda Jl. Basuki Rahmat. Rencana menaikkan TPP Guru pada 2023, akan dilanjutkan Kenaikan Tunjangan Tenaga Kesehatan dan Petugas Kebersihan tersebut, oleh Andi Harun berharap mendapatkan dukungan serta kerjasama dari anggota Dewan.

“Tak hanya guru, rencananya peningkatan TPP juga akan dilakukan untuk tenaga medis dan petugas kebersihan. Kami berharap dukungan dan kerja sama, untuk beberapa profesi tadi kita perjuangkan,” ujarnya.

Diakui AH, sapaan akrab Andi Harun, jika ia telah menyampaikan kepada Seketaris Daerah (Sekda) Samarinda terkait penghasilan tambahan yang diterima oleh para guru. Ia megetahui jika selama ini para guru menerima TTP dengan jumlah yang kecil dan saatnya untuk dilakukan peningkatan penghasilan secara bertahap dengan menyesuaikan kemampuan keuangan yang dimilik daerah.

Mekanisme selanjutnya untuk mendapatkan landasan hukum terkait kebijakan kenaikan TTP tersebut akan diatur dalam Peraturan Walikota (Perwali). Namun, meskipun demikian, saat ini Kota Samarinda belum ada mekanisme pembentukan Perwali soal Kemampuan Keuangan Daerah (KKD). Sehingga dirinya mengajak pihak legislatif untuk mengetahui mengenai KKD yang harus dilaksanakan secara objektif dengan tentunya perhitungan secara sistematis.

Lebih jauh AH menjelaskan perlunya kriteria penerimaan itu diatur secara jelas dan kongkrit, agar menjadi dasar supaya suatu hari pemberi dan penerima tidak berpotensi akan berisiko hukum. “Jika kriteria telah selesai, maka semua upaya hati-hati akan selesai dan terhindar dari potensi hukum. Saat ini kami sedang memikirkan menaikkan tunjangan TPP guru pada tahun 2023,” tutup AH. (nk)