Tujuh Widyaiswara Mengikuti Pelatihan Training of Trainers di Jakarta

PENUGASAN: Banyak hal didapat dari pelatihan ini. Mulai dari bagaimana sistem pemerintahan hingga tupoksi alat kelengkapan DPRD diuraikan. (foto: istimewa)
PENUGASAN: Banyak hal didapat dari pelatihan ini. Mulai dari bagaimana sistem pemerintahan hingga tupoksi alat kelengkapan DPRD diuraikan. (foto: istimewa)

JAKARTA – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSD) Provinsi Kalimantan Timur menugaskan tujuh Widyaiswara mengikuti Pelatihan Training of Trainers Orientasi DPRD. Pelatihan ini untuk mengantisipasi terpilihnya anggota DPRD Periode 2024-2029.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh BPSDM Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 16-20 Oktober 2023 dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, Suhajar Diantoro, dilaksanakan di Hotel Golden Boutique. Rabu (18/10).

Pelatihan diikuti oleh 4 orang Widyaiswara Ahli Utama, yaitu Muchlis Syachrani, Bere Ali, Sugeng Chairuddin dan Jauhar Efendi serta 3 orang Widyaiswara Ahli Madya, yaitu Zuhriah, Ery Arifullah dan Hernawaty.

Menurut salah satu peserta Orientasi yakni Widyaiswara Ahli Utama, Jauhar Efendi menjelaskan bahwa materi pelatihan cukup banyak, antara lain tentang Sistem Pemerintahan Indonesia, Penguatan dan Penegakan Peraturan Perundang-Undangan, Tata Tertib dan Kode Etik DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut, Jauhar mengatakan bahwa yang tidak kalah pentingnya adalah materi tentang Fungsi, Tugas dan Wewenang serta Alat Kelengkapan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Hak dan Kewajiban Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Provinsi Kaliamantan Timur, masuk angkatan pertama bersama Provinsi Aceh, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalbar, NTB, dan Provinsi Banten, serta dari Universitas Gajayana, Malang. (adv/nk/diskominfo kaltim)

Search