Soal Cara Emak-emak Berkendara, Ini Pesan Wagub Hadi Kepada Ditlantas Polda Kaltim

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi. (foto: ist)

SAMARINDA. Siapa pun pasti risih dengan pengendara yang egois di jalan. Serampangan lantaran kerap melanggara lalu lintas. Lantas bagaimana dengan emak-emak. Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi pun memberikan masukan saat rapat bersama dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim terkait ihwal tersebut.

Di hadapan Kapolda Kaltim Irjen Polisi Imam Sugiarto beserta jajaran dan tamu undangan Rakernis Fugnsi Lalu Lintas Polda Kaltim, Wagub Hadi menitipkan program kepada Ditlantas Polda Kaltim.

“Mohon maaf Pak Kapolda. Saya sudah bisik-bisik, titip program ke Pak Sonny, kepada Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim, untuk sosialisasi berkendaraan yang benar bagi emak-emak,” kata Hadi pada Rabu (30/3/2022).

Menurut Hadi, dalam berlalulintas emak-emak kadang lupa dengan lampu sein. Saat hendak berbelok atau meminta jalan, yang menyala di sebelah kiri tetapi beloknya ke kanan, demikian juga sebaliknya.

“Bapak-bapak juga pernah melihat itu di televisi, ada emak-emak melawan arus lalu lintas, dilarang tapi dia yang marah-marah, bahkan lebih galak dari yang melarang,” cerita Hadi.

“Tapi bukan emak-emak yang di sini, emak-emak yang di sebelah disana,” sambung Hadi yang disambut tepuk tangan jajaran Ditlantas Polda Kaltim.

Jadi mohon maaf, lanjut Hadi, mungkin suatu saat jajaran Polres di wilayah Kaltim atas arahan Ditlantas Polda Kaltim, dalam rangka Hari Kartini nanti maupun Hari Ibu, dapat mengumpulkan emak-emak untuk diajarkan sosialisasi berkendaraan yang baik dan benar.

“Bukan berarti mereka tidak baik. Tapi kenyataannya di lapangan itu bukan hanya terjadi di Indonesia tetapi di merata di negara-negara Asia,” sebutnya.

Politisi Partai Gelora ini menilai, bisa jadi emak-emak ini banyak pikiran di rumah. Sehingga kala mengendarai kendaraan, dia pikir seperti dari ruang tamu ke dapur, sehingga tidak memperhatikan rambu-rambu dan sebagainya.

“Saya titip program. Mudah-mudahan ini jadi yang pertama di Polda seluruh Indonesia. Sosialisasi berkendaraan yang efektif dan efisien bagi emak-emak,” pungkasnya. (adv/kmf/pratama)

POPULER
  • Search