Safari Ramadan PWNU Kaltim, Konsolidasi dan Silaturrahim Organisasi

Jajaran PWNU Kaltim bersama PCNU Paser dalam rangkaian Safari Ramadan di Tana Grogot, Kabupaten Paser, Ahad, 26 Maret 2023
istimewa
Jajaran PWNU Kaltim bersama PCNU Paser dalam rangkaian Safari Ramadan di Tana Grogot, Kabupaten Paser, Ahad, 26 Maret 2023

TANA GROGOT. Memasuki Ramadan di hari ke 4, PWNU Kaltim bersama PCNU Kabupaten Paser menggelar silaturrahim dan buka puasa bersama di kantor PCNU, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Minggu 26 Maret 2023. Kegiatan safari Ramadan dan konsolidasi semacam ini oleh PWNU sudah berjalan hampir 5 tahun pada masa kepemimpinan Ketua PWNU Kaltim, Fauzi A Bahtar.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan secara rutin oleh PWNU Kaltim ini, dimaksudkan untuk terus membangun konsolidasi efektif agar terjalin komunikasi intensif di struktur NU di daerah-daerah hingga di level bawah. Apalagi, akhir masa jabatan kepengurusan akan ditandai dengan Konferensi Wilayah (Konferwil) ke X yang akan digelar Juni 2023 mendatang. Oleh karenanya, PWNU memanfaatkan bulan suci Ramadan melalui kegiatan safari sebagai ajang silaturrahim sekaligus menyampaikan kepada pengurus cabang terkait rencana pelaksanaan Konferwil NU Kaltim.

Dalam kesempatan itu, PWNU Kaltim menegaskan pentingnya membangun komunikasi antar pengurus, lembaga dan badan otonom secara intensif. Hal tersebut agar organisasi berjalalan sesuai koridor yang ditetapkan dalam ketentuan organisasi.

“Ini PCNU yang ke 3 yang dikunjungi dalam rangkaian safari Ramadan, setelah Kutai Barat, Samarinda, Paser dan selanjutnya ke PPU. Kita perlu menyatukan persepsi dalam mengurus organisasi dari cabang hingga ranting,” tukas Sekretaris Wilayah PWNU Kaltim, Abubakar Madani.

istimewa
Sekretaris PWNU Kaltim, Abubakar Madani mewakili Ketua PWNU Kaltim menyampaikan arahan konsolidasi organisasi.

Lebih lanjut, Abubakar Madani mewakili Ketua PWNU Kaltim, Fauzi A Bahtar meminta agar pengurus NU di Kabupaten untuk menguatkan peran organisasi di tengah masyarakat.

“Kalau kita ingin peran lebih besar di tengah masyarakat, maka kelembagaan harus kuat dari semua level kepengurusan. Dari tingkat cabang sampai ranting,” jelasnya.

Abubakar Madani mengutip dari yang pernah disampaikan Sayyidina Ali, ‘Berapa banyak kelompok besar mampu dikalahkan dengan kelompok kecil yang terorganisir’. Sehingga menurutnya, NU sudah harus bersatu dan solid untuk menjawab kebutuhan jama’ah.

Sementara itu, turut serta dalam safari Ramadan menyertai Ketua PWNU Kaltim diantaranya adalah Dr. Abubakar Madani (Sekretaris Wilayah), Prof. Masjaya (Wakil Ketua), Dr. Bambang Iswanto, Asman Azis (Ketua Lakpesdam), Herman A Hasan (Sekretaris GP Ansor Kaltim), Saparun Bakar (Wakil Sekretaris PWNU), Agrerida Barito (Wakil Bendahara), Fauzan (LPNU).

Di hari kedua, safari Ramadan dilanjutkan di Sekretariat PCNU Penajam Paser Utara (PPU) di Sepaku. Kegiatan juga disertai dengan buka puasa bersama dan tausyiah. (nk)

POPULER