Rusmadi Harap Iduladha Jadi Momen Penyemangat Umat

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada pengurus yayasan Masjid Raya Darussalam Samarinda, seusai solat Iduladha 1444 H.
Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada pengurus yayasan Masjid Raya Darussalam Samarinda, seusai solat Iduladha 1444 H. (foto: Reza)

SAMARINDA – Pemerintah Kota Samarinda berharap Iduladha ini, menjadi penyemangat umat Islam untuk selalu meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT.

“Kita berharap momentum ini dapat dijadikan media untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ujar Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi.

Hal itu Rusmadi sampaikan dalam sambutannya sesaat sebelum solat Iduladha 1444 H, Kamis, 29 Juni 2023, di Masjid Raya Darussalam, Samarinda.

Ia juga menyampaikan kondisi ekonomi. Dikatakannya, perekonomian Indonesia khususnya Kota Tepian mengalami perkembangan yang cukup pesat, setelah melewati pandemi covid-19.

“Sebagaimana kita ketahui perkembangan perekonomian Indonesia termasuk kota Samarinda pasca fase covid-19 tahun ini mengalami tren kenaikan,” lanjutnya.

Ia juga mengutarakan, dengan kenaikan perekonomian kota Samarinda, dibuktikan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, untuk menunaikan ibadah sunnah kurban, yang dapat dilihat dari seluruh daerah kota ini.

“Kita bisa lihat dari banyaknya animo masyarakat di lingkungan kita masing-masing yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban,” ujarnya.

Usai serah terima hewan kurban, Rusmadi berharap Hari Raya Iduladha ini meningkatkan rasa kekeluargaan dan semangat gotong royong. Agar Samarinda dapat menjadi kota pusat peradaban sesuai program Pemkot.

“Kita berdoa bersama dengan keikhlasan, semangat gotong royong, bebaya warga Samarinda, menjadi kota yang maju dan memberikan kesejahteraan lahir batin untuk warganya,” ujar Rusmadi.

Ia menghimbau kepada seluruh warga dan panitia di setiap panitia kurban di kota Samarinda, agar selalu mengingat kebersihan lingkungan setelah melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

“Kita harapkan untuk selalu memberikan perhatian kepada kotoran dan yang sudah tidak bisa dimanfaatkan agar diharapkan dikubur,” lanjutnya.

Rusmadi juga berpesan agar warga Kota Tepian, agar selalu meningkatkan partisipasi untuk kemajuan kota Samarinda untuk tercapaikan cita-cita pemerintah menjadikan ibu kota Kalimantan Timur ini menjadi kota pusat peradaban.

“Berharap masyarakat selalu memberikan sumbangsih, tenaga, pemikiran untuk Samarinda kota yang kita cintai ini, menjadi kota pusat peradaban,” pungkasnya. (reza/densul/adv/diskominfo samarinda)

POPULER