Jelang Idul Fitri 1443 Hijriah, Bank Indonesia Buka Layanan Tukar Uang Kecil

Tangkapan layar menu penukaran uang rupiah di laman aplikasi PINTAR milik Bank Indonesia.

SAMARINDA. Bank Indonesia (BI) kembali gelar layanan kas keliling retail guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Uang menjadi salah satu kebutuhan yang dapat memenuhi kebutuhan lainnya baik primer maupun sekunder. Dengan uang kita bisa membeli makanan, minuman, peralatan sekolah, mobil, skincare dan masih banyak lagi.

Jelang menyambut hari besar seperti lebaran idul fitri kebutuhan konsumsi masyarakat menjadi meningkat. Tingkat jumlah kebutuhan belanja pun membengkak.

Di Indonesia memiliki tradisi saat hari raya (lebaran) Idul Fitri yaitu berbagi angpau atau pemberian uang saku kepada sanak keluarga seperti anak, cucu, dan kemenakan, serta anak-anak kecil yang berkunjung kerumah. Nilainya beragam, mulai dari dua ribu rupiah, lima ribu rupiah, hingga ratusan ribu. Hal itu juga yang menyebabkan jumlah kebutuhan uang menjadi meningkat.

BI telah membuka pelayanan penukaran uang kecil sejak 4 April (4/42022) lalu hingga 29 April (29/4/2022) mendatang dimulai pada pukul 09.00 – 12.00 WITA. Ricky P. Gozali selaku Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Timur menjelaskan bahwa pelayanan untuk penukaran uang tunai difokuskan melalui loket perbankan.

Selain itu, Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltim juga turut membuka jasa layanan penukaran uang keliling retail yang berpusat di Persil Bank Indonesia, Jl. Jendral Sudirman (sebelah RS Tentara) yang rencananya akan dimulai pada tanggal 11 – 28 April 2022 pada pukul 09.00 – 12.00 WITA. Kegiatan ini juga dibatasi oleh jumlah kuota penukar setiap harinya, yaitu sebesar 200 orang penukar.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran melalui Kas Keliling Retail, diwajibkan terlebih dahulu login pada laman aplikasi penukaran PINTAR https://pintar.bi.go.id untuk melakukan pemesanan maksimal H-1 sebelum penukaran. Masing-masing penukar hanya boleh menukarkan uangnya sebesar Rp. 3,7 juta. (adv)

POPULER
Search