DPRD Dukung Ide Walikota Soal Kegiatan Daur Ulang Sampah Jadi Muatan Lokal di Sekolah

Ilustrasi kegiatan daur ulang sampah jadi muatan lokal di sekolah.
Ilustrasi kegiatan daur ulang sampah jadi muatan lokal di sekolah.

SAMARINDA. Keinginan Walikota Samarinda agar kegiatan daur ulang sampah bisa dijadikan pelajaran muatan lokal di sekolah, mendapatkan dukungan dari DPRD Samarinda.

Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi menyatakan persetujuannya dan dukungannya rerkait keinginan Walikota Andi Harun tersebut. Menurutnya, langkah tersebut menjadi bagian penting yang bertujuan mengedukasi anak usia dini pentingnya menjaga lingkungan, melalui daur ulang sampah.

“Tentu kita apresiasi, mulai SD dan SMP ditanamkan, apalagi SMA. Kalau kesadaran mulai kecil sudah dibangun, begitu dewasa dan lulus sekolah, maka tentang sampah sudah peduli,” ujarnya.

Ia pun berharap agar rencana tersebut dapat direalisasikan mengingat Samarinda sudah memiliki program Bank Sampah, sehingga bisa memberikan nilai ekonomis.

“Ini juga dapat memberikan nilai ekonomi. Selain lingkungan bersih, sampah terkurangi signifikan dan punya dampak ekonomi,” terangnya.

Sebelumnya, Wali Kota Samarinda, Andi Harun Meminta agar Kegiatan daur ulang sampah masuk ke dalam pelajaran muatan lokal di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Samarinda.

Lebih lanjut, Subandi berharap usulan tersebut dapat direalisasikan di kalangan masyarakat, khususnya di Samarinda. Dengan melibatkan stakeholder mulai dari RT hingga Camat, maka sosialisasi terkait persoalan sampah di Samarinda diuakini bisa diatasi. (nk/adv/dprdsamarinda)

Search