Ansor Kaltim Kembali Libatkan Banser pada Pengamanan Natal 2022

istimewa
GP Ansor-Banser Kaltim bersama aparat Kepolisian dan TNI jelang pengamanan Natal 2022.

SAMARINDA. Momentum perayaan Natal 2022 oleh umat Nasrani diharapkan berjalan lancar dan aman. Gerakan Pemuda Ansor Kalimantan Timur (GP Ansor Kaltim) kembali menurunkan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) disejumlah Gereja di Kaltim untuk turut serta melakukan pengamanan bersama aparat kepolisian, TNI dan organisasi lainnya.

Pimpinan Pusat GP Ansor jauh sebelumnya telah memberikan instruksi ke semua level kepemimpin Ansor mulai tingkat Ranting, Cabang dan Wilayah agar turut serta menjaga dan mengantisipasi adanya kerawanan keamanan menjelang maupun saat perayaan Natal tahun ini.

Di Kota Samarinda, Banser ditempatkan di 16 titik pengamanan dengan masing-masing titik sebanyak 4 hingga 5 personil Banser. Mereka membantu pengamanan maupun pengaturan lalulintas bersama aparat kepolisian dan TNI dan lainnya agar prosesi Natal oleh umat Nasrani berjalan aman dan lancar dari gangguan keamanan.

istimewa
GP Ansor Kaltim bersama Pemuda Katolik Kaltim menjelang prosesi peribadatan di Gereja Katedral Santa Maria, Jl Jend. Sudirman Samarinda, Sabtu 24 Desember 2022.

Ketua GP Ansor Kaltim, M Fajri Alfarobi bersama Sekretaris GP Ansor Kaltim, Herman A Hasan; Kasatma Banser Kaltim, Darwis; Kyai Muda Ketua Lakpesdam NU, Asman Azis; didampingi pula Kepala Satuan Kordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Samarinda, Muhammad Rouf nampak hadir memantau aktifitas Banser yang diterjunkan di sejumlah Gereja di Kota Samarinda.

“Ansor bersama Banser turut serta melakukan kegiatan pengamanan perayaan Natal 2022 bersama aparat kepolisian dan TNI, dimaksudkan sebagai bagian upaya terus mewujudkan kehidupan dan hubungan harmonis sebagai warga bangsa yang damai, tenteram dan rasa persaudaraan yang tinggi,” ujar Ketua Ansor Kaltim, M Fajri Alfarobi saat berada di Gereja Katedral Santa Maria Penolong Abadi Jl. Jenderal Sudirman Samarinda, Sabtu, 24 Desember 2022.

Ia juga mengatakan bahwa kehadiran Banser sebagai satuan yang dimiliki Ansor adalah bagian dari menjaga Indonesia dari setiap keinginan untuk mengganggu keamanan khususnya di kegiatan Natal dan keagamaan lainnya. “Banser kami tugaskan untuk mengambil peran menjaga keberlangsungan kegiatan Natal agar berjalan lancar, kondusif dan aman,” tutupnya. (nk)