Optimalisasi P3PD 2023: Pesan Mendasar dari Dirjen Bina Pimdes

SAMARINDA – Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Eko Prasetyanto Purnomo Putro, membuka resmi Pelatihan Pembukaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa (P3PD) Tahun 2023, yang kali ini digelar di Kalimantan Timur (Kaltim).

P3PD Angkatan IV ini diikuti oleh lebih dari 11.000 peserta dari berbagai pelosok Indonesia.

Eko mengemukakan empat poin kunci kepada para peserta dan pelaksana yang hadir. Pertama, pemahaman mendalam terhadap materi sangat penting agar ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan secara optimal.

Kedua, Eko menekankan bahwa para aparatur desa yang mengikuti pelatihan hendaknya tidak mengambil kebijakan tanpa dasar data yang kuat dan tanpa mempertimbangkan kebutuhan masyarakat setempat.

“Keputusan yang diambil tidak boleh sekadar mengikuti tren dari desa lain. Setiap desa memiliki kebutuhannya masing-masing. Oleh karena itu, kebijakan harus didasarkan pada data yang akurat dan kebutuhan riil masyarakat,” tegas Eko di Ballroom Hotel Selyca Mulia Samarinda, Selasa 9 Oktober 2023.

Pesan ketiga dari Eko mengenai tantangan yang kerap dihadapi oleh aparatur desa dalam pengelolaan keuangan. Ia menekankan pentingnya menyimak dengan seksama selama pelatihan berlangsung, dari tanggal 9 hingga 12 Oktober 2023.

“Ketiga, kami sering melihat kesulitan terkait pengelolaan keuangan desa. Oleh karena itu, manfaatkanlah pelatihan selama 4 hari ini sebaik-baiknya dan jangan ragu untuk bertanya,” sambung Eko.

Terakhir, Eko berharap agar pelatihan ini mampu menjadi pendorong kemajuan dan kemandirian bagi desa di tempat peserta bertugas. Ia mengajak para peserta untuk memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pelatihan ini untuk menjadi aparatur desa yang unggul dan bermartabat.
“Marilah kita manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk memajukan dan memberdayakan desa-desa kita. Saya yakin pengetahuan dan keterampilan yang Anda peroleh akan mengubah sikap dan kinerja Anda,” pungkasnya. (nk)

POPULER
Search