Dinamika Banmus DPRD Kaltim: Jantung Penjadwalan Kinerja Dewan

Rapat bersama Banmus dengan Sekretariat DPRD Kaltim.
Rapat bersama Banmus dengan Sekretariat DPRD Kaltim. (foto: dok. dprd kaltim)

SAMARINDA – Badan Musyawarah (Banmus), yang sering kali terabaikan dalam interaksi langsung dengan masyarakat, memiliki peran krusial dalam mengatur arah kinerja dewan. Ini adalah fakta yang lebih dari sekadar anggapan.

Banmus bertanggung jawab untuk menyusun jadwal setiap agenda kerja dewan, termasuk dari komisi-komisi, rapat paripurna, badan kelengkapan dewan, hingga kegiatan lainnya. Dengan demikian, setiap langkah kegiatan seharusnya telah termasuk dalam jadwal Banmus.

Tentu, ini bukan tugas yang mudah, dan mungkin inilah yang seringkali memicu diskusi dan terkadang ketegangan di antara anggota Banmus. Komposisi Banmus didasarkan pada tata tertib dewan, dengan pimpinan merupakan Ex Officio dari pimpinan DPRD, sementara anggota berasal dari perwakilan setiap komisi dan fraksi.

Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud, menjelaskan bahwa keterwakilan dari komisi-komisi ini bertujuan agar setiap perwakilan komisi yang juga menjadi anggota Banmus dapat menyuarakan agenda kerja mereka, yang kemudian dapat diakomodasi dalam jadwal Banmus.

“Hari pembahasan jadwal Banmus adalah untuk kegiatan dewan selama tiga bulan ke depan, dan pengesahannya dilakukan melalui forum rapat tertinggi, yaitu rapat paripurna. Jika ada perubahan nantinya, itu akan direvisi melalui rapat Banmus,” ujar Hamas.

Badan Musyawarah, terutama di DPRD Provinsi Kalimantan Timur, memiliki struktur keanggotaan yang terdiri dari satu ketua, yaitu Hasanuddin Mas’ud, tiga wakil ketua, yakni Muhammad Samsun, Seno Aji, serta Sigit Wibowo, dan empat puluh tiga anggota lainnya, termasuk di antaranya Sapto Setyo Pramono, Abdul Kadir Tappa, Amiruddin, Salehuddin, Nidya Listiyono, Herliana Yanti, Romadhony Putra Pratama, Marthinus, Baharuddin Muin, Henry Pailan, Baharuddin Demmu, Jawad Sirajuddin, Syafruddin, Muhammad Adam, Sutomo Jabir, Siti Rizky Amalia, Mimi Meriami BR Pane, Ali Hamdi, Harun Al Rasyid, Andi Faisal Assegaf, Saefuddin Zuhri, Ely Hartati Rasyid, dan Agiel Suwarno. (nk/adv/dprd kaltim)

POPULER
Search