Transformasi Digital Kearsipan: Pemkab Mahakam Ulu Terapkan Aplikasi Srikandi

SAMARINDA – Aplikasi Srikandi membawa perubahan signifikan dalam pengelolaan kearsipan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltim. Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) menjadi salah satu yang memanfaatkannya, dengan dukungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur.

Pada Senin, 30 Oktober 2023, DPK Kaltim memfasilitasi Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mahakam Ulu terkait penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Samarinda.

Kepala DPMPTSP Mahakam Ulu, Merkuria Ping, menjelaskan bahwa penerapan Srikandi memiliki tujuan memudahkan OPD di Mahulu memahami tata kelola kearsipan dengan lebih baik.

“Aplikasi ini mempermudah layanan, terutama terkait kearsipan. Dengan Srikandi, surat-menyurat dan pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih efisien,” ujar Merkuria.

Ia menekankan bahwa aplikasi ini membawa kemudahan signifikan, terutama dalam administrasi yang melibatkan perjalanan dinas. Proses surat-menyurat yang sebelumnya manual, kini dapat dilakukan secara elektronik di mana pun OPD tersebut berada.

“Dengan aplikasi ini, di mana kami berada, kami bisa tanda tangan dengan tanda tangan elektronik,” tambahnya.

DPMPTSP Mahakam Ulu berkomitmen untuk menerapkan pengelolaan arsip yang tertib dan berbasis digital melalui pengenalan aplikasi Srikandi ini. Mereka berambisi untuk sepenuhnya mengimplementasikannya pada tahun 2025 setelah memahami secara menyeluruh semua fitur yang ditawarkan aplikasi tersebut. (nk/adv/dpk kaltim)

Search