SMK TI Labbaika Belajar Pengelolaan dan Klasifikasi Arsip di DPK Kaltim

STUDI: Pelajar SMK TI Labbaika antusias melihat bagaimana sistem kerja di DPK Kaltim. (foto: istimewa)
STUDI: Pelajar SMK TI Labbaika antusias melihat bagaimana sistem kerja di DPK Kaltim. (foto: istimewa)

SAMARINDA – Puluhan pelajar SMK TI Labbaika Samarinda mengunjungi Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim di Jalan Bung Tomo, Samarinda. Kunjungan ini, mereka bermaksud untuk mengenal lebih dekat pengelolaan kearsipan dan klasifikasi jenis-jenis arsip,

Para siswa yang berjumlah 56 orang tersebut merupakan siswa kelas 10 pada Jurusan Manejemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Raut wajah bahagia nampak terlukis pada siswa yang senada mengenakan seragam berwarma ungu tersebut tak kala menyambangi setiap ruangan yang ada di Bidang Kearsipan, Rabu, 15 November 2023

Rombongan siswa disambut langsung oleh Arsiparis Ahli Muda, Ir. Marilah. Marilah sapaan akrabnya mengaku senang dengan semakin banyaknya sekolah yang melangsungkan giat kunjungan edukasi kepada siswa di Bidang Kearsipan DPK Kaltim.

“Bidang Kearsipan sangat terbuka dengan masyarakat umum yang ingin berkunjung ke kantor Bidang Arsip. Apalagi bila masyarakat membutuhkan referensi arsip dan ingin belajar mengenai sejarah kearsipan dan tata kelolanya. Kunjungan SMK Labbaika menjadi salah satu bentuk layanan kami kepada masyarakat,” papar Marilah.

Para siswa didampingi Arsiparis DPK Kaltim dan Petugas DPK Kaltim melanjutkan safari dengan melihat langsung tempat penyimpanan arsip di Depo Arsip, menonton video bersama mengenai selayang pandang DPK Kaltim dan tata cara kelola pengelolaan arsip di Studio Mini Arsip, serta mengenal sejarah Kalimantan Timur lebih dekat melalui Galeri Mini Arsip DPK Kaltim.

Ica, Heni, dan Siti Ramadani siswa Kelas X MPLB1 SMK Labbaika tak bisa membendung rasa bahagianya kala menyusuri layanan yang ada di Bidang Kearsipan.

“Senang banget jadi tambah wawasan soal kearsipan. Kami jadi tahu juga kalau layanan yang ada di Bidang Kearsipan ini banyak banget bahkan ada Studio Mini yang udah kayak bioskop dan Galeri Mini Arsip yang estetik banget. Banyak wisata dan edukasinya di sini, harapannya nanti sekolah bisa ajak lagi kami ke sini,” ucap Siti dengan semangat.

Senada dengan siswa, Kepala Jurusan Manejemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Yulianti Mangalik. S.AP, berterima kasih kepada DPK Kaltim yang terbuka dan memudahkan proses kunjungan dengan pelayanan yang ramah dan informatif.

“Ke depannya kami akan berkelanjutan wisata edukasi ke DPK Kaltim. Tujuan kami ke DPK Kaltim untuk mempersiapkan anak menjadi potensi arsiparis serta membuka wawasan anak mengenai instrumen penting dalam dunia perkantoran yaitu arsip,” jelas perempuan yang akrab disapa Yuli tersebut.

Yuli menambahkan pengetahuan mengenai klasifikasi arsip penting untuk diperkenalkan sedari dini.
“Perkantoran itu luas semoga bisa ada ketertarikan melanjutkan studi di bidang kearsipan,” pungkas Yuli. (nk/adv/dpk kaltim)

Search