Menkominfo Minta Pembagian Set Top Box Harus Tepat Sasaran

ilustrasi

SAMARINDA. Dalam rangka menyukseskan migrasi penyiaran televisi analog ke televisi digital, pemerintah memberikan Set Top Box gratis kepada masyarakat yang termasuk ke dalam Rumah Tangga Miskin (RTM).

Pembagian Set Top Box ini diharapkan dapat tepat sasaran, sehingga Pemerintah Daerah diharapkan dapat membantu melalui pemberian data RTM.

Dilansir dari laman Diskominfo Kaltim, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate mengemukakan bahwa pembagian Set Top Box akan dilaksanakan dalam kurun waktu dua minggu ke depan.

Plate mengatakan agar migrasi televisi digital dapat selesai sesuai rencana yaitu selambat-lambatnya pada November 2022. Pemerintah harus mempercepat pembagian Set Top Box kepada Rumah Tangga Miskin. Setiap RTM hanya akan menerima 1 Set Top Box dalam satu rumah.

Plate menegaskan dalam pembagiannya, Pemerintah Derah setempat harus turut membantu untuk mempercepat distirbusi, terutama dalam dua minggu kedepan, tegasnya dalam Rapat Koordinasi Pendistribusian Set Top box belum lama ini.

Plate menjelaskan ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam pendataan RTM yaitu, RTM harus berada di lokasi penyiaran televisi digital, lalu RTM mempunyai pesawat televisi analog dan menikmati siaran teresterial, dan RTM tersebut bersedia memanfaatkan pemberian Set Top Box itu.

Menkominfo RI itu juga meminta agar Pemerintah Daerah dapat mensosialisasikan terkait migrasi penyiaran televisi digital, agar masyarakat yang mampu dapat segera membeli Set Top Box sehingga membantu lancarnya distribusi Set Top Box baik dari pemerintah maupun swasta, juga demi suksesnya program transmigrasi siaran televisi digital.(nk/adv/diskominfokaltim)

Search