Kaltim Puncaki dan Dominasi 3 Besar Peringkat Nasional

PRESTASI: Pj Gubernur Kaltim Akmal Mali memperlihatkan piagam yang diterima. (foto: istimewa)
PRESTASI: Pj Gubernur Kaltim Akmal Mali memperlihatkan piagam yang diterima. (foto: istimewa)

JAKARTA – Pemprov Kaltim Kembali raih penghargaan membanggakan. Tak sekadar berperan dalam peningkatan dan penciptaan tren positif pada kinerja transaksi PBJ secara nasional, pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan 2023 pun, Kaltim raih bahkan mendominasi 3 (tiga) peringkat teratas dalam berbagai kategori Anugrah Pengadaan 2023 yang digelar di Hotel Bidakara, Selasa (07-08 November 2023)

Tercatat, Pemprov Kaltim berhasil puncaki ranking dalam kategori Nilai Transaksi UMK Terbesar Tingkat Provinsi, sekaligus peringkat 2 terbaik pada kategori Nilai Transaksi PDN Terbesar Tingkat Provinsi se-Indonesia.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik yang hadir dalam gelaran nasional ini mengucapkan syukur dan berharap raihan ini dapat menjadi pacuan dan motivasi untuk menjaga performa dan meningkatkan kinerja lagi kedepannya.

“Mudah-mudahan penghargaan ini bisa melecut kita agar menjadi lebih baik lagi ke depannya” ucap Pj Akmal penuh rasa syukur.

Kategori lainnya pada Anugrah Pengadaan 2023 secara nasional ini juga diwarnai oleh Kabupaten maupun Kota asal Kalimantan Timur yang puncaki dan dominasi seluruh Top 3, diantaranya ialah Kabupaten Kutai Kartanegara yang mendapat Peringkat Pertama kategori Nilai Transaksi UMK Terbesar Tingkat Kabupaten se-Indonesia sekaligus Peringkat Teratas Kategori Nilai Transaksi PDN Terbesar Tingkat Kabupaten.

Menariknya, decak kagum ribuan peserta yang hadir pun muncul tatkala pengumuman 3 peringkat teratas kategori Nilai Transaksi PDN Terrbesar Tingkat Kabupaten diisi oleh Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur dan Berau yang semuanya asal Kalimantan Timur.

Kemudian, di kategori yang sama dengan Kukar, Kabupaten Kutai Barat juga berjejer di Top 3 kategori yaitu Nilai Transaksi UMK Terbesar Tingkat Kabupaten.

Kota Tepian (Samarinda) juga torehkan pencapaian dengan berhasil Puncaki Kategori Nilai Transaksi UMK Terbesar Tingkat Kota di peringkat pertama nasional, sekaligus masuk dalam tiga terbaik di kategori lain yang tak kalah bergengsi yaitu pada kategori Nilai Transaksi PDN Terbesar tingkat Kota.

Kepala Biro PBJ Kaltim Buyung Dodi menyampaikan kegembiraannya atas pencapaian Provinsi dan juga Kabupaten Kota di Kancah Nasional ini. Baginya, prestasi ini tunjukkan kesadaran banyak pihak untuk menyukseskan kinerja PBJ.

“Turut senang, selamat untuk semua pemenang kategori, Kaltim banyak sekali berada di tiga teratas ya, ini tunjukkan kesadaran dan kepedulian seluruh pihak, semoga kita bisa jaga dan tingkatkan” ujar Buyung saat dijumpai usai acara penganugrahaan pengadaan 2023.

Anugrah Pengadaan 2023 sendiri menjadi salah satu dari banyaknya rangkaian kegiatan dalam gelaran Rakornas Pengadaan 2023 yang berlangsung di Jakarta. Mengangkat tema “Tranformasi Pengadaan Untuk Indonesia Maju” gelaran ini dihadiri 2179 orang peserta dan digelar meriah. (adv/nk/diskominfo kaltim)

Search