Agus Tri Sutanto Siap Bertarung di Bursa Wakil Walikota Samarinda

Agus Tri Sutanto saat ditemui awak media setelah pengambilan formulir di Partai Gerindra.
adrian
Agus Tri Sutanto saat ditemui awak media setelah pengambilan formulir di Partai Gerindra.

SAMARINDA – Agus Tri Sutanto, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Samarinda, menyatakan kesiapannya untuk mundur dari status sebagai ASN dan ikut bertarung dalam bursa Wakil Walikota Samarinda pada Pilkada 2024 mendatang. Dalam langkah seriusnya menuju dunia politik, Agus telah mendaftar di beberapa partai politik.

Ditemui setelah pengambilan formulir di Partai Gerindra pada Minggu, 19 Mei 2024, di Hotel Fox Lite, Agus menyatakan kesiapannya untuk mundur dari jabatannya yang saat ini memiliki posisi strategis dalam pemerintahan.

“Pada posisi sekwan sebuah jabatan tertinggi di pemerintahan kota Samarinda, namun saya dengan sadar dan ikhlas melepaskan jabatan itu,” ujarnya.

Agus menegaskan bahwa ia mengikuti peraturan yang ada, di mana ASN harus mundur saat ditetapkan sebagai calon oleh KPU.

“Dalam peraturan perundang-undangan, status ASN, Polri, TNI berlaku sama, harus mundur saat ditetapkan calon oleh KPU,” jelasnya.

Agus juga menekankan bahwa dalam tahapan pendaftaran ini tidak ada kewajiban untuk mengundurkan diri, apalagi kegiatannya dilakukan di luar jam kerja.

“Tahap pengambilan dan pengembalian formulir apalagi bukan di hari kerja itu bukan hal untuk mundur sebagai ASN, yang pasti pada saat ditetapkan sebagai calon oleh KPU,” tambahnya.

Selain mendaftar di Partai Gerindra, Agus juga mendaftarkan diri di beberapa partai lain, termasuk PPP. DPC PPP Samarinda menutup penjaringan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota pada 18 Mei 2024. Beberapa jam sebelum penutupan, Agus mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wakil Walikota di Sekretariat PPP Samarinda.

“Saya berasal dari ASN, sedangkan dalam perpolitikan di Indonesia, partai adalah instrumen yang paling menentukan. Oleh karena itu, saya mengambil posisi Wakil Walikota,” ujar Agus Tri.

Agus menjelaskan bahwa ia telah membentuk visi, misi, dan program yang akan dikolaborasikan dengan program pasangan calon Walikota dalam Pilkada 2024.

“Saya memiliki visi dan misi yang jelas dan bermanfaat untuk masyarakat. Saya berharap program, visi, dan misi saya dapat diintegrasikan oleh calon Walikota yang menjadi pasangan saya,” jelasnya.

Dengan kesiapannya mundur dari jabatan Sekwan dan antusiasme dalam mengikuti proses politik, Agus Tri Sutanto menjadi salah satu kandidat kuat dalam bursa Wakil Walikota Samarinda. (reza)

Search